Kode Plat Kendaraan Kota Tomohon


Ada aturan khusus terkait penyusunan tanda nomor kendaraan bermotor. Nomor tersebut disusun dengan huruf sebagai kode wilayah, diikuti dengan angka sebagai nomor polisi, disusul dengan kode seri akhir wilayah. Pertanyaannya, apa kode plat kendaraan Kota Tomohon? Berikut ulasannya.

Plat Kendaraan Kota Tomohon

Kendaraan di Kota Tomohon menggunakan plat dengan kode depan DB. Kode ini merupakan kode wilayah untuk daerah Sulawesi Utara bagian daratan. Mengapa hanya untuk wilayah Sulawesi Utara daratan? Sebab kode untuk wilayah Sulawesi Utara kepulauan sudah berbeda lagi.

Untuk Kota Tomohon sendiri, kode belakang yang digunakan adalah huruf G*. Kode ini merupakan kode khusus untuk wilayah Kota Tomohon saja, bukan kota atau kabupaten yang lain. Berikut Anda bisa perhatikan contoh plat kendaraan Kota Tomohon pada tabel.

Nama Kota
Kode Plat Belakang
Contoh Nomor Plat
Kota Tomohon
G*
DB 5643 GK

Kendaraan di Kota Tomohon menggunakan plat dengan warna dasar hitam jika itu adalah kendaraan pribadi. Namun, jika kendaraan tersebut adalah kendaraan umum, maka warna dasar platnya adalah kuning. Berbeda lagi jika kendaraan tersebut adalah kendaraan dinas, warna dasar platnya adalah merah.

Pada beberapa kendaraan mungkin Anda menemukan penggunaan warna dasar plat putih. Warna plat putih adalah plat sementara. Penggunaannya hanya untuk kendaraan yang berada dalam proses antar dari pabrik menuju dealer, atau dari dealer menuju rumah konsumen. Selain itu, penggunaan plat dengan warna dasar putih tidak diperkenankan.

Selain kode plat kendaraan Kota Tomohon, ada beberapa daerah di Sulawesi Utara yang juga menggunakan kode depan DB. Kota-kota tersebut bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini, lengkap dengan kode belakang yang digunakan oleh kendaraan di kota tersebut.

Nama Kota
Kode Plat Belakang Kendaraan
Kota Manado
A*/L*/M*/R*
Kota Bitung
C*
Kota Tomohon
G*
Kota Kotamobagu
K*
Kabupaten Bolaang Mongondow
D*
Kabupaten Bolaang Mongondow Utara
H*
Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan
P*
Kabupaten Bolaang Mongondow Timur
N*
Kabupaten Minahasa
B*
Kabupaten Minahasa Utara
F*
Kabupaten Minahasa Selatan
E*
Kabupaten Minahasa Tenggara
J*
Profil Kota Tomohon

Kota Tomohon merupakan daerah otonom baru yang disahkan pada tahun 2003 lalu. Kota dengan luas 11.420 Hektar tersebut merupakan daerah dataran tinggi yang diapit oleh dua gunung berapi aktif. Dua gunung tersebut adalah Gunung Lokon serta Gunung Mahawu. Itu mengapa, suhu udara di Kota Tomohon cenderung dingin. Pada malam hari bahkan suhu di kota tersebut bisa turun hingga 18 derajat Celcius.

Kota Tomohon tergolong daerah yang memiliki banyak tempat wisata. Seluruh tempat wisata tersebut didominasi oleh wisata alam pegunungan, air terjun, dan keindahan perbukitan yang asri. Salah satu air terjun yang cukup cantik di kota tersebut adalah Air Terjun Tekaan Telu. Keunikan air terjun tersebut terletak pada adanya tiga air terjun yang berdekatan.

Demikian ulasan tentang Plat Nomor Kendaraan Kota Tomohon. Semoga bermanfaat bagi pembaca setia sekalian. Salam keselamatan dalam berkendara, gunakan helm dan pakaian lengkap sehingga aman dalam berkendara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kode Plat Kendaraan Kota Tomohon"

Posting Komentar