Kode Plat Kendaraan Kota Ternate


Nomor kendaraan disusun menggunakan kode wilayah tertentu. Dengan demikian, setiap wilayah di Indonesia memiliki kode khusus yang disematkan pada nomor kendaraan jenis apapun. Bagaimana dengan kode plat kendaraan Kota Ternate? Ulasannya bisa Anda baca di bawah ini.

Nomor Kendaraan Kota Ternate

Sebenarnya, kode kendaraan adalah bagian dari warisan kolonial yang masih dimanfaatkan hingga sekarang. Zaman kolonial dulu, setiap wilayah di Indonesia dipetakan dalam bentuk karesidenan, terutama untuk wilayah Pulau Jawa. Karesidenan ini pula yang kemudian digunakan untuk dasar pengkodean nomor kendaraan.

Kota Ternate sendiri memiliki kode depan DG. Kode ini merupakan kode wilayah Maluku Utara. Karena itu, ada beberapa kota lain yang juga memiliki kode depan sama dengan Kota Ternate. Meski demikian, kode belakang atau kode akhir yang digunakan selalu berbeda.

Berikut ini adalah contoh nomor kendaraan dari Kota Ternate

Nama Kota
Kode Plat Belakang
Contoh Nomor Plat
Kota Ternate
A*
DG 5643 AU
Nomor plat tersebut dicetak pada lempeng alumunium yang memiliki ketebalan 1 mm. Di bawah nomor tersebut, masih ditambahkan garis. Di bawah garis, dicetak dengan jelas bulan dan tanggal masa berlaku plat nomor di atasnya.

Berdasar aturan tahun 2011, kode plat kendaraan Kota Ternate dicetak pada plat ukuran 275x110 mm untuk kendaraan roda dua. Untuk plat kendaraan yang digunakan pada kendaraan roda empat ke atas, panjangnya 430 mm dan lebar 135 mm. Ukuran plat tersebut lebih panjang daripada ukuran plat sebelumnya.

Daftar Kota dengan Plat Nomor Depan DG

Secara umum, kode depan DG digunakan untuk kendaraan wilayah Maluku Utara. Seluruh kota yang menggunakan kode ini bisa Anda lihat pada tabel berikut, lengkap dengan kode akhir wilayah masing-masing.

Nama Kota
Kode Plat Belakang Kendaraan
Kota Ternate
A*
Kota Tidore Kepulauan
B*
Kabupaten Halmahera Timur
D*
Kabupaten Kepulauan Sula
E*
Kabupaten Halmahera Selatan
K*
Kabupaten Halmahera Tengah
L*
Kabupaten Halmahera Barat
M*
Kabupaten Halmahera Utara
N*
Kabupaten Pulau Morotai
U*
Profil Kota Ternate

Kota Ternate adalah kota yang terdiri dari delapan pulau. Karena itu, kota ini disebut juga dengan kota kepulauan. Pulau utamanya ada lima, sedang tiga yang lain adalah pulau kecil yang tidak berpenghuni. Salah satu pulau di Kota Ternate yang tidak berpenghuni adalah Pulau Gurida.

Kota yang didominasi pemeluk agama Islam ini sebenarnya memiliki wilayah cukup luas. Totalnya mencapai 5.795 km2. Meski demikian, dari seluruh total wilayah tersebut, hanya sekitar 250,85 km2 yang berbentuk daratan. Selebihnya, adalah perairan.

Menariknya, Kota Ternate juga telah memiliki bandar udara. Beberapa di antara maskapai yang telah menyediakan rute dari dan ke kota tersebut adalah Garuda Indonesia dan Trigana Air. Transportasi darat pun juga ada, namun bukan bus, melainkan taksi dan angkutan penumpang.

Demikian ulasan tentang kode plat kendaraan Kota Ternate. Semoga bisa membantu.Salam keselamatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kode Plat Kendaraan Kota Ternate"

Posting Komentar