Kode Plat Kendaraan Kota Tidore Kepulauan


Setiap kendaraan yang terdaftar di kantor samsat, selalu diberikan nomor regestrasi khusus. Nomor tersebut didapat dari penyusunan kode wilayah dalam bentuk huruf, nomor polisi dalam bentuk angka, kemudian kode akhir wilayah yang juga dalam bentuk huruf. Itu sebabnya, Anda akan selalu melihat kode plat kendaraan Kota Tidore Kepulauan pada badan kendaraan di kota tersebut.

Kode Kendaraan Kota Tidore Kepulauan

Kota Tidore Kepulauan merupakan satu di antara sekian kota di Maluku Utara. Wilayah Maluku Utara sendiri memiliki kode DG. Kode tersebut digunakan untuk kode depan kendaraan bermotor, termasuk kendaraan di Kota Tidore Kepulauan.

Bagaimana dengan kode belakang Kota Tidore? Kode belakang digunakan untuk menunjukkan wilayah-wilayah tertentu yang masuk dalam wilayah kode depan. Kode belakang ini merupakan kode khusus yang tidak dimiliki oleh kota lain dalam wilayah yang sama. Kota Tidore Kepulauan sendiri menggunakan huruf B* untuk kode belakang.

Berikut adalah contoh plat kendaraan yang digunakan di Kota Tidore Kepulauan.

Nama Kota
Kode Plat Belakang
Contoh Nomor Plat
Kota Tidore Kepulauan
B*
DG 5643 BL

Nomor kendaraan Kota Tidore dicetak dalam plat alumunium dengan ketebalan 1 mm. Ukurannya dibedakan berdasarkan jenis kendaraan. Kendaraan roda dua misalnya, ukuran plat kendaraan menggunakan panjang 275 mm serta lebar 110 mm. Kendaraan roda empat ke atas menggunakan ukuran plat dengan panjang 430 mm dan lebar 135 mm.

Daftar Daerah dengan Kode Plat DG

Kode DG tidak hanya khusus untuk kode plat kendaraan Kota Tidore Kepulauan. Kota lain pun juga memiliki kode depan yang sama. Namun, kode belakangnya berbeda. Berikut ini bisa Anda perhatikan kode belakang masing-masing kota yang sama-sama memiliki kode depan DG.

Nama Kota
Kode Plat Belakang Kendaraan
Kota Ternate
A*
Kota Tidore Kepulauan
B*
Kabupaten Halmahera Utara
N*
Kabupaten Halmahera Timur
D*
Kabupaten Halmahera Selatan
K*
Kabupaten Halmahera Barat
M*
Kabupaten Halmahera Tengah
L*
Kabupaten Pulau Morotai
U*
Kabupaten Kepulauan Sula
E*
Profil Kota Tidore Kepulauan

Sudah lama kota di Maluku Utara ini masyhur dengan hasil komoditi cengkeh dan pala. Dua komoditi itu juga yang menarik bangsa Eropa datang dan bahkan melakukan penjajahan.
Kota Tidore Kepulauan termasuk kota yang memiliki objek wisata beragam. Salah satu objek wisata pantai yang cantik di sana adalah Pantai Ake Sahu. 

Hal paling menarik dari pantai itu adalah kolam air panas alami di bibir pantai tersebut. Keunikan kolam tersebut adalah rasa airnya yang tetap tawar, tidak asin dan tidak bercampur dengan air laut.

Mungkin karena keunikan itu juga, masyarakat menganggap kolam air panas itu adalah kolam air panas ajaib. Mereka percaya, air kolam itu bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Demikian. Semoga ulasan kode plat kendaraan Kota Tidore Kepulauan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Salam keselamatan dalam berkendara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kode Plat Kendaraan Kota Tidore Kepulauan"

Posting Komentar