15+ Kode Plat Nomor Kendaraan di Lampung dan Daerahnya

Lampung adalah salah satu nama Provinsi di Indonesia yang termasuk di bagian Pulau Sumatra. Wilayah Lampung terbentang sangat luas yang terdiri dari berbagai Kabupaten dan Kota. Termasuk di dalamnya ada dua kota madya yakni Bandar Lampung dan Kota Metro. Sampai saat ini untuk penomoran plat kendaraan di Lampung memiliki ciri khas di depan dengan kode BE.

Setiap kendaraan yang berplat BE bisa dipastikan dari Provinsi Lampung entah itu motor ataupun mobil. Sebagai penjelasan lebih lanjut berikut ini adalah daftar kode plat kendaraan di Provinsi Lampung.

Kode Kendaraan di Lampung BE


Dalam upaya mengecek penomeran BE dalam kode kendaraan di Provinsi Lampung secara garis besarnya terbagi untuk dua jenis moda transportasi. Yaitu;

Mobil

Mobil menjadi moda transportasi yang pada umumnya dipergunakan untuk masyarakat dengan penghasilan menengah ke atas. Meskipun tidak semuanya, akan tetapi dapat dipastikan bahwa di wilayah Sang Bumi Ruwai Jurai ini kode plat kendaraan untuk depannya ialah BE.

Motor

Motor menjadi alat transportasi yang pada umumnya dipergunakan oleh masyarakat di Provinsi Lampung. Wilayah ini banyak motor lantaran jalanan tidak semuanya terbangun bagus, meski sampai saat ini untuk urusan infratruktur masih terus menerus dibangun.

Daftar Nomor Plat Kendaraan di Kota dan Kabupaten Provinsi Lampung


Untuk pembagian dalam penomeran kode plat kendaraan di Provinsi Lampung yang dipergunakan secara umumnya adalah sebagai berikut;

Bagian Depan Kode Kendaraan dari Lampung
BE

Bagian Plat Kendaraan di Belakang, antara lain;

No
Nama Kabupaten
Kode Plat Belakang Kendaraan
Contoh Penggunaan
1
Kota Bandar Lampung (Balam)
A*/B*/C*/Y*
BE 4567 YZ
2
Kabupaten Lampung Selatan (LamSel) dengan Kota Kalianda
D*/E*/O*
BE 67843 DP
3
Kabupaten Lampung Tengah (LamTeng) dengan Kota Gunung Sugih
G*/H*/I
BE 3213 HI
4
Kabupaten Lampung Utara dengan Kota Kotabumi
J*/K*
BE 4578 KL
5
Kabupaten Mesuji dengan Kota Wiralaya Mulya
L*
BE 45673 LI
6
Kabupaten Lampung Barat (LamBar) dengan Kota Liwa
M*
BE 4678 ML
7
Kabupaten Lampung Timur (LamTim) dengan Kota Sukadana
N*/P*
BE 9819 NP
8
Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) dengan Kota Panaragan
Q*
BE 9810 QS
9
Kabupaten Pesawaran
R*
BE 4321 RQ
10
Kabupaten Tulang Bawang dengan Ibukota Menggala
S*/T*
BE 7623 TS
11
Kabupaten Tanggamus
V*/Z*
BE 4567 ZA
12
Kabupaten Pringsewu
U*
BE 32451 UL
13
Kabupaten Way Kanan
W*
BE 43568 WI
14
Kabupaten Pesisir Barat
X*
BE 42167 XQ
15
Kota Metro
F*
BE 18967 FT

Sebagi catatan penting untuk wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Mesuji merupakan pecahan dari Kabupaten Tulang Bawang. Sedangkan wilayah Lampung Barat dibagi menjadi Kabupaten Pesisir Barat (Kabupaten Termuda di Lampung), sedangkan untuk untuk Pringsewu dulunya bgaian dari Tanggamus dan Pesawaran dahulunya bagian daripada Lampung Setatan.

Pada tahun 2019 ini Provinsi Lampung dipimpin oleh Gubernur Arinal sedangkan untuk Wakil Gubernurnya ialah Chusnunia Chalim yang merupakan wakil gubernur perempuan pertama di Provinsi Lampung.

Demikianlah serangkaian informasi yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan kode plat nomor belakang dan depan kendaraaan mobil/motir di Provinsi Lampung. Semoga artikel ini berguna. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15+ Kode Plat Nomor Kendaraan di Lampung dan Daerahnya"

Posting Komentar