Kode Plat Kendaraan Kota Padang


Kode plat kendaraan kota Padang tentu berbeda dengan kode kota Surabaya. Jika disamakan, tentu akan muncul kerancuan administrasi. Bahkan kendaraan bodong tidak akan terdeteksi. Maka dari itu, penggunaan kode plat ini wajib hukumnya.

Pembuatan kode plat kendaraan juga untuk kenyamanan pengendara itu sendiri. Karena mereka tidak akan mendapatkan permasalahan di perjalanan. Apalagi ketika berjumpa dengan petugas yang sedang melakukan operasi lalu lintas.

Kode Plat Kendaraan Kota Padang

Untuk kode plat kendaraan Kota Padang, biasanya menggunakan kode BA untuk bagian depan. Sedangkan kode belakang bervariasi. Ini juga digunakan untuk beberapa Kabupaten di Sumatera Barat lainnya seperti Sawahlunto dan Kota Bukit Tinggi.

Untuk kode belakang, pemilihannya disesuaikan dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh otoritas setempat. Misal, untuk Sawahlunto, masih menggunakan kode belakang J*, Kota Bukit Tinggi memakai kode L*, sedangkan kota Padang sendiri menggunakan kode belakang A*/B*/O*/Q*/R*.
Jika kode depan dan belakang disatukan, lalu bagian tengahnya disisipi empat nomor unik, maka kode plat kendaraan kota Padang akan seperti ini, yaitu: BA4567AJ.

Daftar tabel di bawah merupakan pemetaan kode depan dan belakang yang menjadi ketentuan plat nomor kendaraan di Kota Padang. Sedangkan nomor unik adalah nomor unit kendaraan yang antara satu kendaraan dengan kendaraan lain berbeda.
Kode Depan plat kendaraan Padang Sumatera Barat
BA
Kode belakang plat kendaraan Padang Sumatera Barat
A*/B*/O*/Q*/R*
Di bawah merupakan tabel yang berisi rumus penyatuan plat nomor kendaraan Padang yang menjadi dasar penyusunan plat nomor yang resmi.

Nama Kota
Kode Depan
No. Unik
Kode Belakang
Contoh Nomor Plat
Kota Padang Sumatera Barat
BA
1830
A*/B*/O*/Q*/R*
BA1830AJ
Keterangan contoh:
  1. 1. BA adalah kode depan kendaraan di Kota Padang Sumatera Barat
  2. 2. 1830 adalah nomor unik kendaraan
  3. 3. AJ adalah kode belakang kendaraan di Padang diambil dari kode A*

Daftar Kode Plat Sumatera Barat

Sumatera Barat terdiri dari berbagai kota dan kabupaten. Semuanya menggunakan plat nomor kode depan BA. Baik kabupaten Solok, Padang Sidempuan, Kabupaten Sijunjung, Kabupatan Pasaman Barat dan selainnya.

Namun, untuk kode belakang, semuanya memiliki perbedaan. Tidak ada satupun, kota maupun Kabupaten di Sumbar yang memiliki plat nomor kode belakang serupa. 

Nama Kota
Kode Plat Belakang Kendaraan
Kabupaten Lima Puluh Kota
C*/X*
Kabupaten Pasaman
D*
Kabupaten Tanah Datar
E*
Kabupaten Padang Pariaman 
F*
Kabupaten Pesisir Selatan 
G*/I*
Kabupaten Sijunjung
K*
Kota Padang Panjang 
N*
Kabupaten Pasaman Barat
S*
Kabupaten Agam
T*/Z*
Kabupaten Kepulawan Mentawai 
U*
Kota Padang
 A*/B*/O*/Q*/R*
Kota Bukit Tinggi
L*
Kabupaten Solok Selatan 
Y*
Kota Payakumbuh
M*
Profil Kota Padang

Kota Padang merupakan kota terbesar yang ada di Sumatera Barat. Dulunya kawasan ini diisi oleh perantauan Minang yang bekerja sebagai nelayan. Maka dari itu, hingga saat ini, aktivitas pelabuhan dan syahbandar cukup maju. 

Inilah kota seni yang telah memunculkan kisah epik Siti Nurbaya dan Malin Kundang. Maka dari itu, jika ingin mengetahui detail cerita tersebut, silakan pelajari seni dan budaya kota Padang. Termasuk juga kode plat kendaraan kota Padang yang bisa dijadikan tambahan pengetahuan. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kode Plat Kendaraan Kota Padang"