Kode Plat Kendaraan Kota Bekasi


Kota Bekasi adalah salah satu kota yang terkenal ramai dengan penggunaan kendaraan bermotornya. Mulai dari sepeda motor, mobil maupun jenis kendaraan lainnya. Tidak heran jika Kota Bekasi sering mengalami kemacetan pada saat-saat tertentu. Setiap kendaraan memiliki nomor atau kode plat sendiri-sendiri.

Plat nomor pada setiap kendaraan harus ada sebagai indentitas kendaraan tersebut. Berikut akan dijelaskan mengenai kode plat kendaraan Kota Bekasi secara singkat. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui sekilas tentang Kota Bekasi.

Sejarah Kota Bekasi


Salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat adalah Kota Bekasi. Bagasasi merupakan asal nama Bekasi ini. Artinya yaitu sebuah nama sungai yang melewati kota ini. Kota yang satu ini adalah bagian dari megapolitan Jabodetabek. Kota Bekasi menjadi kota satelit yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak se-Indonesia.

Sekarang ini Kota Bekasi berkembang menjadi sentra industri serta tempat tinggal para kaum urban. Jadi, banyak para kaum urban yang memilih untuk mendatangi Kota Bekasi. Julukan dari kota ini yaitu Kota Pejuang atau Kota Patriot.

Kode Plat Kendaraan B Kota Bekasi

Untuk kode plat kendaraan wilayah Kota Bekasi adalah B. Sama seperti kode plat yang digunakan di Jakarta. Semuanya tergabung dalam plat kendaraan wilayah Jabodetabek kecuali Bogor yang memakai kode F. Untuk bisa membedakannya, bisa dilihat dari kode huruf belakangnya. Berikut ini ada tabel mengenai kode plat kendaraan Kota Bekasi yang bagian belakang.

Nama Wilayah
Kode Belakang
Kota Bekasi
K**
Kota Administrasi Jakarta Pusat
P**
Kota Administrasi Jakarta Selatan
S**
Kota Administrasi Jakarta Timur
T**
Kota Administrasi Jakarta Utara
U**
Kota Tangerang Selatan
W**
Kota Administrasi Jakarta Barat
B**
Kota Tangerang
C**/V**
Kota Depok
E**/Z**
Kabupaten Bekasi
F**
Kabupaten Tangerang
G**/N**
Sebagian Kabupaten Bekasi yang gabung bersama Kabupaten Subang
T*/U*/V*/W*/X*/Y*/Z* dengan kode plat T

Masa Berlaku Plat Kendaraan Bermotor

Dari sebuah plat kendaraan, kita bisa mengetahui kapan masa berlaku plat tersebut. Letak masa berlaku plat atau TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) di Indonesia ada di bagian bawah nomor pendaftaran. Tulisannya lebih kecil. Masa berlaku ini terdiri atas 2 angka. Untuk angka yang pertama menunjukkan bulan dari berakhirnya masa berlaku.

Sedangkan 2 angka terakhir menunjukkan tahun dari berakhirnya masa berlaku. Plat kendaraan bermotor harus diperbaharui atau diperpanjang sebelum masa berlakunya selesai. Jika tidak segera diperpanjang dan masa berlaku sudah habis, maka bisa jadi ketika dijalanan Anda dikenai denda dengan jumlah tertentu oleh pihak polisi yang mengetahui.

Itulah uraian singkat mengenai kode plat Bekasi yang penting untuk Anda ketahui. Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentunya sangat perlu memahami terkait hal ini. Semoga uraian singkat tersebut memberikan manfaat untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kode Plat Kendaraan Kota Bekasi"